Journal of Environment and Management
Vol. 3 No. 2 (2022): Journal of Environment and Management

Pengembangan media pembelajaran digital berbasis articulate-storyline-3 pada pokok bahasan struktur atom

Syahra Ayu Pratiwi (Universitas Palangka Raya)
I Nyoman Sudyana (Universitas Palangka Raya)
Abdul Hadjranul Fatah (Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran digital berbasis articulate-storyline-3 pada pokok bahasan struktur atom yang selanjutnya disebut sebagai Media PERISA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan Media PERISA yang dikembangkan dalam penelitian ini, serta mendeskripsikan efektivitas Media PERISA terhadap pemahaman konsep siswa terhadap materi struktur atom. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Reaserch and Decelopment yang menggunakan model Four-D (4D) yang disarankan oleh Thiagarajan. Model 4-D memiliki empat langkah utama yaitu define, design, develop, serta desseminate. Namun dalam penelitian kali ini langkah yang dilakukan hanya sampai tahap develop saja. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 SMAN 12 Banjarmasin yang berjumlah 20 orang dan disebut kelompok A, dan siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMAN 11 Banjarmasin yang berjumlah 47 orang disebut sebagai kelompok B. Instrumen penelitian ini antara lain angket kebutuhan siswa, soal pre-test dan post-test, angket kesesuaian isi, angket tampilan media, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian isi pada rancangan awal media PERISA sebesar 82,9% yang kemudian dilakukan revisi berdasarkan saran ahli hingga isi dalam media PERISA telah benar-benar sesuai dengan KD dan tujuan pembelajaran. Hasil validasi kelayakan media PERISA menunjukkan kelayakan media sebesar 86,5% atau sangat layak digunakan tanpa revisi. Efektifitas media PERISA yang ditunjukkan dengan nilai n-gain-score adalah 0,536% atau termasuk dalam kategori keefektifan tinggi. Persentase respon peserta didik yang mencapai 82,052%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jem

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Journal of Environment and Management (JEM) is a peer reviewed, online and open access journal for the publication of original research, reviews or short communication related to managing environmental systems and improving environmental quality. Specific area of interest for the journal include: ...