JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 8 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Hubungan Ketidakpatuhan ditinjau dari Mispersepsi dan Disonansi Kognitif sebagai Variabel Mediator

Aulia, Elang Segara Yuhthika (Unknown)
Suryanto, Suryanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mispersepsi yang menyebabkan disonansi kognitif terhadap ketidakpatuhan masyarakat mengikuti protokol kesehatan COVID-19. Penelitian ini menggunakan salah satu tipe pendekatan kuantitatif dengan survei. Partisipan pada penelitian ini adalah masyarakat berada pada usia produktif, dengan kriteria bekerja terutama sebagai pelayan masyarakat. Total jumlah partisipan pada penelitian ini adalah 174 orang. Hasil dari pada penelitian ketidakpatuhan memiliki hubungan positif dengan mispersepsi dan disonansi kognitif. Nilai signifikansi R berdasarkan tabel di atas berada pada angka 0,000. Setelah melakukan pengambilan data dan menguji hipotesis, maka kesimpulan yang dapat simpulkan dari penulis adalah, variabel mispersepsi dan disonansi kognitif dapat memprediksi variabel ketidakpatuhan masyarakat dalam mengikuti protokol kesehatan COVID-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...