JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 8 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa SD N 2 Temulus

Risnawati, Wini Setyo (Unknown)
Purbasari, Imaniar (Unknown)
Kironoratri, Lintang (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi tiktok terhadap perubahan perilaku sosial siswa kelas 4 SD Negeri 2 Temulus. Penelitian ini, digunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini akan di laksanakan di SD N 2 Temulus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, dengan mengambil subjek guru dan siswa kelas IV dengan jumlah 5 siswa yaitu terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data yang akan meiputi tahap observasi, wawancara,dokumentsi, dan pencatatan. Analisis data penelitian ini meliputi Reduksi data, Penyajian data, dan Verifikasi atau penyimpulan data. Hasil penelitian ini yaitu perubahan perilaku sosial siswa kelas 4 SD Negeri 2 Temulus. Penggunaan tiktok di kalangan sekolah dasar khususnya pada siswa kelas IV SD N 2 Temulus dapat mempengaruhi terjadinya perubahan perilaku sosial siswa terutama di lingkungan sekolah. Siswa memanfaatkan media tiktok untuk mencari tutorial penyelesaian soal-soal seperti soal matematika dan lain sebagainya. Selain hal itu, terdapat juga perubahan sosial mengenai gaya dan perilaku yang dianut siswa sesuai yang ada di tiktok. Maka dari itu perlu adanya pengawasan oleh guru maupun orang tua dalam pemanfaatan tiktok.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...