JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 8 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Manajemen Perpustakaan Daerah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa (Studi Deskriptif Analisis di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat)

Baidhawi, Muhamad (Unknown)
Sauri, Supyan (Unknown)
Syaodih, Cahya (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Pengawasan serta Hambatan dan Solusi di Perpustakaan Daerah Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif analisis dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi pengumpulan dokumen-dokumen dan data yang valid. Hasil penelitian yang dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat dapat diketahui bahwa secara umum Perpustakaan Daerah Jawa Barat telah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen sesuai dengan Sistem Perpustakaan Nasional, tetapi perlu dilakukan evaluasi untuk menimalisir kekurangan-kekurangan yang terjadi di lapangan. Dari aspek perencanaan, perpustakaan daerah jawa barat telah merencanakan kegiatan dalam penyelenggaraan perpustakaan meliputi pengadaan bahan koleksi, anggaran dan sumber daya manusia. Dari aspek pengorganisasian, perpustakaan daerah jawa barat sudah membuat struktur organisasi dengan baik, sehingga dapat memperlancar kinerja perpustakaan sesuai dengan pekerjaannya masing-masing. Dari aspek pergerakan/pelaksanaandalam manajemen perpustakaan meliputi perlayanan dan penyediaan sarana prasarana. Dari aspek pengawasan, pengawasan yang dilakukan berupa pengawasan rutin setelah melakukan program kerja. Hambatan tentu ada dalam pengolaan perpustakaan daerah berkaitan dengan sumber daya manusia, anggaran dan sarana prasarana namun dengan mengaplikasikan fungsi-fungsi manajemen akan ada solusi dari semua hambatan yang ada.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...