JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 10 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Analisis Konflik Tokoh pada Novel “Lima Sekawan Sarjana Misterius” oleh Enid Blyton berdasarkan Pendekatan Psikologi Sastra

Simatupang, Rikommen (Unknown)
Bangun, Kartini Br (Unknown)
Panggabean, Sarma (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini menelaah Konflik Tokoh dalam Novel lima sekawan sarjana misterius karya enid Blyton. Novel ini melukiskan perjalanan lima sekawan yang menghabis cuti sekolah untuk melakukan perjalanan rahsia joada tiap daerah. Namun banyak menyimpan konflik fisik, sosial maupun batin. Masalah yang dikaji mengenai konflik yang dilalui tokoh dalam novel lima aekawan sarjana misterius karya Enid Blyton. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan gambaran konflik tokoh dalam novel lima sekawan sarjana misterius kaya Enid Blyton. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks yang memuat konflik tokoh dalam novel lima sekawan sarjana misterius kaarya Enid Bliton sataja. Sumber data dalam penelitian ini adalah Novel Lima Sekawan Sarjana Misterius karya Enid Blyton yang di terbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama tahun 1980 dengan 230 halaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik baca dan catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik yang terdapat dalam Novel Lima Sekawan Sarjana Misterius karya Enid Blyton ini yaitu konflik eksternal dan internal. Adapun konflik eskternal terdiri dari konflik sosial terdapat 2 dan konflik fisik terdapat 3, sedangkan konflik internal adalah konflik batin atau kejiwaan yang memuat 5 konflik. Maka dapat disimpulkan bahwa konflik yang banyak terjadi pada konflik batin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...