JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 11 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Desain Pembelajaran Menyenangkan, Efektif dan Islami (Analisis Studi Lesson Plan Tematik Terpadu)

Zahra, Frika Fatimah (Unknown)
Prastowo, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Iklim pembelajaran yang merupakan suatu kebutuhan yang penting dalam problem mendasar, hal ini menjadi tantangan dalam suatu pendidikan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana lesson plan tematik terpadu yang sesuai dengan kurikulum 2013 pada salah satu sekolah IT di kota Palembang. Peneltian ini dilakukan di SD IT Al-Hanan Palembang. Teknik penelitian yang digunakan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lesson plan berbasis tematik terpadu yang dilakukan guru sudah berjalan dengan baik sesuai dengan kurikulum 2013. Dimana sudah memunculkan karakteristik pembelajaran tematik terpadu, diantaranya dapat menghadirkan suatu pembelajaran yang menyenangkan, efektif, dan Islami di SD IT Al-Hanan Palembang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...