Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pembentuk karakter peserta didik yang terdapat dalam kearifan lokal cerita rakyat “Asal-Usul Watu Maladong”. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Metode dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode simak dengan teknik dasar sadap. Teknik dasar sadap dalam penelitian ini dibantu dengan dua teknik lanjutan, yakni teknik teknik simak bebas cakap dan teknik rekam. Data-data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan beberapa tahap, yakni transkripsi cerita rakyat, penerjemahan cerita rakyat, identifikasi data, klasifikasi data, pemaknaan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam cerita rakyat “Asal-Usul Watu Maladong” terdapat 11 nilai pembentuk karakter peserta didik, yakni religius atau beriman, jujur, tanggung jawab, rela berkorban, cerdas, kritis, ingin tahu, ramah, hormat, peduli, dan kerja keras.
Copyrights © 2022