JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 12 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Ratunguri, Yusak (Unknown)
Supit, Deisye (Unknown)
Nurhayati, Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan dengan observasi yang dilakukan di SD Negeri Inpres Parepei. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri Inpres Parepei. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif servey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SD Negeri Inpres Parepei. Keseluruhan dari popolasi (kelas tinggi) yaitu 23 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket yang telah diuji validitas dan relibilitasnya. Kemudian setelah memenuhi validitas dan relibilitas dilanjutkan dengan uji Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis regresi sederhana dengan uji T dengan bantuan program SPSS versi 25. Dari hasil pengujian hipotesis, dinyatakan terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar. Hasil perhitungan regresi diperoleh persamaan Y= 36,039 + 0,541X. Besar pengaruh pelatihan kerja 0,541%. Dengan hasil tersebut menunjukan bahwa variabel lingkungan keluarga berpengaruh terhadap variabel motivasi belajar. Hipotesis pada penelitian ini terbukti yaitu lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa  kelas tinggi SD Negeri Inpres Parepei.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...