Physical Activity Journal (PAJU)
Vol 4 No 1 (2022): Physical Activity Journal (PAJU)

Analisis Kebutuhan Aplikasi M-Learning (Flipped Learning & Podcasting) Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Olahraga

Prisca Widiawati (Universitas Negeri Malang)
Yulingga Nanda Hanief (Universitas Negeri Malang)
Kurniati Rahayuni (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2022

Abstract

Menganalisis kebutuhan terhadap implementasi flipped learning dan podcasting merupakan salah satu cara yang tepat untuk mendesain model pengajaran yang sesuai keinginan peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan produk flipped learning dan podcasting pada mata kuliah kewirausahaan di Jurusan PKO FIK UM tahun 2021. Metode penilitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif eksploratif dengan melibatkan 34 peserta didik Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Semester VII, Universitas Negeri Malang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen dan observasi. Data diolah dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis data sampai tahap penyimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebanyak 23 peserta didik setuju, 3 peserta didik memilih netral, dan 1 peserta didik memilih tidak setuju jika menggunakan metode pembelajaran menggunakan flipped learning dan podcasting. Kesimpulannya, metode pembelajaran menggunakan flipped learning dan podcasting yang dimuat pada spotify sangat diperlukan untuk dikembangkan dan diterapkan pada pengajaran mata kuliah kewirausahaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

paju

Publisher

Subject

Education

Description

Physical Activity Journal biannually publishes research on various aspects of the physical education, sports and exercise sciences, biomechanics, physiology, psychology, sports medicine, sports nutrition, health, as well as coaching and talent identification. The Journal focuses on the human ...