Epistema
Vol 3, No 2 (2022)

Pengembangan E-Modul Berbasis Hypercontent untuk Siswa SMK

Yasmiin Royhanin (Yogyakarta State University)
Sungkono Sungkono (Yogyakarta State University)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar e-modul berbasis hypercontent mata pelajaran pengelolaan audio video untuk siswa kelas XII Multimedia SMK Negeri 1 Godean yang layak berdasarkan review dari ahli materi, ahli media, guru dan siswa. Jenis penelitian menggunakan Research and Development dengan menggunakan model pengembangan four-D (define, design, develop dan disseminate). Namun dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yang terdiri dari define, design dan develop. Subjek penelitian ini siswa kelas 12 jurusan multimedia. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa bahan ajar e-modul berbasis hypercontent yang berisikan materi pengambilan gambar bergerak. E-modul yang dikembangkan menggabungkan beberapa media, terdiri dari: media teks yang digunakan untuk menyajikan materi dalam bentuk tulisan, media gambar dan video digunakan untuk memperjelas dalam penyampaian materi dan pemberian contoh, serta hyperlink yang digunakan sebagai sumber rujukan materi yang ada dinternet. Berdasarkan hasil validasi produk memperoleh kategori layak untuk digunakan sebagai bahan ajar siswa kelas 12 di SMK Negeri 1 Godean. Rata-rata skor 4,45 (layak) oleh ahli materi, 4,04 (layak) oleh ahli media, 4,2 (layak) oleh guru, 4,04 (layak) pada saat uji coba awal, dan 4,22 (layak) pada uji coba lapangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

epistema

Publisher

Subject

Education

Description

Epistema is a showcase of original and scrupulously conducted research in educational technology. The scope includes curriculum development & course design, innovation in learning, technology in learning, digital technology in education, evaluation of technology application in education and etc. in ...