Gema Pendidikan
Vol 29, No 2 (2022): Juli, Gema Pendidikan

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN ABAD 21 GURU KIMIA SMA DI KOTA KENDARI

Muhammad Arsyad (Sinta ID: (6695731) Pendidikan Kima Universitas Halu Oleo)
Aceng Haetami (Pendidikan Kimia Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2022

Abstract

Pendidikan di Indonesia membutuhkan sumber daya yang berkualitas sehingga mampu bersaing di abad 21 dalam skala nasional maupun internasional. Untuk mewujudkan hal tersebut setiap individu dituntut untuk memiliki keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Creativity, Critical Thinking and Problem Solving). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran keterampilan abad 21 4C (Communication, Collaboration, Creativity, Critical Thinking and Problem Solving) guru kimia di kota Kendari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan guru kimia SMA di kota Kendari, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kimia SMA di kota Kendari telah menerapkan pembelajaran keterampilan 4C secara yang tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan derajat implementasi keterampilan komunikasi skala 6 (tertinggi) sebesar 48.4%, keterampilan kolaborasi 51.6%, keterampilan kreativitas 58.1%, serta keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah sebesar 58.1%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...