Penelitian ini dilakukan untuk memanfaatkan potensi rumah adat Buton (RAB) dan memperkenalkannya kepada siswa melalui pembelajaran matematika, karena masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa rumah adat Buton sangat kaya dengan konsep-konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas bahan ajar dan kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi menjadi tahap pendahuluan dan ujicoba terbatas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII dan IX di SMPN 7 Baubau dan SMPN 9 Baubau. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) bahan ajar matematika berbasis etnomatematika RAB dalam pembelajaran matematika di SMP.(2) Literasi etnomatematis guru dan siswa di SMPN 7 Baubau lebih tinggi dibandingkan di SMPN 9 Baubau. (3) TKLM siswa di SMPN 7 Baubau lebih tinggi dibandingkan siswa di SMPN 9 Baubau.
Copyrights © 2022