JIPB (Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi)
Vol 3 No 2 (2022)

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKTIF BERBANTUAN LKPD PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA DI SEKOLAH KAWASAN PERKEBUNAN KOPI

Rosyida Adinia (Universitas Jember)
Suratno Suratno (Universitas Jember)
Mochammad Iqbal (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah dan penguasaan konsep biologi siswa di Indonesia masih rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji efektivitas pembelajaran aktif berbantuan LKPD Problem Solving terhadap keterampilan pemecahan masalah dan penguasaan konsep biologi. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Control Group Pretest Posttest. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Metode analisis data  keterampilan pemecahan masalah yaitu dengan uji normalitas One Sampel Kolmogorov-Smirnov dan dilanjutkan uji Mann Whitney U. Sedangkan metode analisis data penguasaan konsep biologi dengan Uji Independent Sample T-Test dengan aplikasi SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran aktif berbantuan LKPD Problem Solving efektif meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05), serta efektif meningkatkan nilai penguasaan konsep biologi siswa gain sebesar 0,62 atau sebesar 62% dengan kategori sedang dan mendapatkan hasil nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 (p < 0,05).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar. Jurnal pendidikan biologi memuat artikel ilmiah dengan topik: 1. Inovasi pembelajaran Biologi 2. Pengembangan Perangkat Pembelajaran ...