JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 KOTA KUPANG

Yemima Alokafani (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Julhidayat Muhsam (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Arifin (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kota Kupang dengan menerapkan model pembelajaran experiential learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kota Kupang dengan jumlah siswa 26 orang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklsus terdiri atas tahap perencanaan, pelakasnaan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, aktivitas siswa, angket dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan tes hasil belajar, pada siklus I rata-rata hasil belajar IPA di peroleh sebesar 66,9% dengan kategori cukup. Selanjutnya pada siklus II rata-rata hasil belajar IPA di peroleh sebesar 80% dengan kategori sangat baik. Hal ini dapat di simpulkan bahwa penerapan model experiential learning dapat meningkatkaan hasil belajar siswa pada tema 6 panas dan perpindahannya kelas V SD Muhammadiyah 1 Kota Kupang Tahun Ajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...