Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2022): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Edisi Juli - Desember 2022

Sosialisasi Pembelajaran Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan Kecakapan Abad 21 pada Guru MI Muhammadiyah Kecamatan Miri

Fitri Puji Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Muhammad Khoirurrosyid (Universitas Muhammadiyah Kudus)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2022

Abstract

Pembelajaran di abad 21 pasti tidak akan lepas dari perkembangan yang terjadi pada zamannya dan teknologi bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder dalam kehidupan, tetapi menjadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi salah satunya dunia pendidikan. Adapun tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan pengabdian ini yaitu untuk memberikan wawasan dan keterampilan pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) di Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen. Materi yang diberikan meliputi: menjelaskan pengertian Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam proses belajar mengajar, dan pengertian kecakapan abad 21. Metode yang digunakan dalam pengabdian yaitu persiapan (koordinasi,pembuatan instrument, persiapan lansam, publikasi, lokasi, dokumentasi), pelaksanaan kegiatan (pembukaan, penyajian materi, diskusi, praktik, dan tanya jawab, penutup), dan monitoring. Untuk mengukur keberhasilan kegiatan pengabdian ini, maka diadakan evaluasi dengan cara tanya jawab, praktik membuat rencana pembelajaran (RPP) dan video pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada hari Selasa, 8 Desember 2020 di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Doyong. Kegiatan pengabdian ini dihadiri oleh guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah di Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen dengan jumlah keseluruhan 20 peserta. Dari hasil sesi tanya jawab dan praktik, diketahui bahwa secara umum peserta cukup baik dalam memahami dan megembangkan kemampuan pedagogik di bidang teknologi. Peserta juga memahami dan sepakat jika pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan kecakapan abad 21 sangat menarik untuk diterapkan. Pengabdian ini berjalan lancar dan efisien dan peserta sangat antusias dalam menyambut pengabdian ini, terbukti dengan banyaknya tanggapan positif dan permintaan sosialisasi serupa di masa depan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ba-jpm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat terdaftar dengan e-ISSN: 2797-9423 dan p-ISSN: 2797-9407 menerbitkan artikel dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat maupun metode pengabdian yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan dapat diterapkan dalam mengembangkan dan membantu dosen, guru, ...