Journal of Innovation Research and Knowledge
Vol. 2 No. 5: Oktober 2022

PENGARUH KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 5 KOTA LANGSA

Kiranti Kiranti (Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Pase Langsa, Aceh 24415- Indonesia)
Indria Utami (Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Pase Langsa, Aceh 24415- Indonesia)
Karnelis Karnelis (Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Pase Langsa, Aceh 24415- Indonesia)
Kiagus Muhammad Zain Basriwijaya (Fakultas Pertanian Universitas Samudra, Langsa, Aceh, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi guru mempengaruhi motivasi belajar siswa di SMA Negeri 5 Langsa. Studi ini akan mengumpulkan data menggunakan kombinasi kerja lapangan, yang akan mencakup wawancara, observasi, dan kuesioner, dan metode penelitian kepustakaan. Validitas dan reliabilitas diuji dengan mempelajari data yang digunakan. Temuan tersebut mengungkapkan persamaan regresi linier langsung dengan rumus Y = 19,146 + 0,285X, yang berarti bahwa untuk setiap kenaikan unit x, y meningkat sebesar 0,285 dan sebaliknya. Karena koefisien korelasinya adalah r = 0,398 maka dapat dikatakan ada hubungan sedang antara komunikasi guru dengan motivasi belajar siswa. Koefisien determinasi (KD) adalah 15,9%, dan beberapa variabel lain yang tidak diperhitungkan peneliti sisanya 84,1%. Dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan substansial antara komunikasi guru dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 5 Langsa berdasarkan hasil pengujian rumus di atas, yang menunjukkan bahwa t hitung > t tabel adalah 4,880 > 2,048, artinya H0 ditolak dan Ha disetujui

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIRK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Innovation Research and Knowledge, published by Bajang Institute. Published in two formats, print and online, print version of ISSN: 2798-3471 and the online version of ISSN: 798-3641, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: Culture (a ...