Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi guru mempengaruhi motivasi belajar siswa di SMA Negeri 5 Langsa. Studi ini akan mengumpulkan data menggunakan kombinasi kerja lapangan, yang akan mencakup wawancara, observasi, dan kuesioner, dan metode penelitian kepustakaan. Validitas dan reliabilitas diuji dengan mempelajari data yang digunakan. Temuan tersebut mengungkapkan persamaan regresi linier langsung dengan rumus Y = 19,146 + 0,285X, yang berarti bahwa untuk setiap kenaikan unit x, y meningkat sebesar 0,285 dan sebaliknya. Karena koefisien korelasinya adalah r = 0,398 maka dapat dikatakan ada hubungan sedang antara komunikasi guru dengan motivasi belajar siswa. Koefisien determinasi (KD) adalah 15,9%, dan beberapa variabel lain yang tidak diperhitungkan peneliti sisanya 84,1%. Dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan substansial antara komunikasi guru dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 5 Langsa berdasarkan hasil pengujian rumus di atas, yang menunjukkan bahwa t hitung > t tabel adalah 4,880 > 2,048, artinya H0 ditolak dan Ha disetujui
Copyrights © 2022