Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 7, No 1 (2022): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis

KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (Studi pada PT. Bank Mandiri Taspen Manado)

Vinno Petrus Manoppo (Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado)
Raymundus Evaldo Rembaen (Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado)
Bertha Ireni Mundung (Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2022

Abstract

OCB adalah perilaku baik karyawan yang melebihi peran yang diwajibkan, yang berdampak baik bagi organisasi perusahaan. Kualitas kehidupan kerja merupakan proses yang dilakukan organisasi perusahaan dalam menjamin kesejahteraan karyawan. Kepemimpinan transformasional merupakan gaya kepemimpinan yang dapat mempengaruhi anggotanya dalam menggapai tujuan organisasi perusahaan. PT. Bank Mandiri Taspen merupakan anak usaha Bank Mandiri, yang menyediakan layanan perbankan untuk pensiunan. Perilaku baik warga organisasi (OCB) pada karyawan Bank Mandiri Taspen Manado dinilai masih rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kepeinan Transformasional dan Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior pada PT. Bank Mandiri Taspen Manado. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan banyaknya sampel yang akan diteliti sebanyak 31 orang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara membagikan angket, data yang diperoleh dikumpulkan kemudian dianalisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Kepemimpinan Transformasional berpengaruh kecil tapi tidak signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior pada PT. Bank Mandiri Taspen Manado. Secara parsial Kualitas Kehidupan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior PT. Bank Mandiri Taspen Manado. Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari Kepemimpinan Transformasional dan Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior pada PT. Bank Mandiri Taspen Manado.   

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BUSSINESUHO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is organized by Laboratorium Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis focused on studies on bussines finansial, marketing, and human resources. ...