JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 3, No 3 (2023): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DIKELAS VIII SMP NEGERI 3 HUTABAYURAJA TAHUN AJARAN 2022/2023

Ernawati Sinaga (Unknown)
Sotarduga Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Leo Fernando Simatupang (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh minat belajar dan keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu dikelas VIII SMP tahun ajaran 2021/2022.Penelitian ini bersifat kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP negeri 8 Pematang Siantar. penelitian ini  menggunakan 59 siswa untuk diambil menjadi sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada 59 siswa kelas VIII. Uji instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji chi kuadrat, uji regresi ganda dan uji T, uji f,dan uji determinasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Hasil uji t pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII belajar IPS dengan hasil  (2,860) ?  (2,039). Pada taraf 0,05 . Sehingga menyatakan bahwa pengaruh minat belajar  dapat mempenagaruhi hasil belajar siswa VIII belajar IPS, Hasil uji t keterlibatan orang tua  terhadap  terhadap hasil belajar  kelas VIII belajar IPS denagan  (3,545) ?  (2,039). Sehingga menyatakan bahwa keterlibatan orang tua   dapat mempenagaruhi hasil belajar siswa VIII belajar IPS, Hasil uji F dengan hasil F hitung (10,89)  ? (4,16) sehingga pengaruh minat belajar dan ketrlibatan orang tua   dapat mempengaruhi hasil belajar siswa VIII belajar IPS, Hasil uji normalitas,uji regresi berganda,uji t,uji f dan uji determinasi dengan hasil nilai regresi antara minat belajar dan keterlibatan orang tua terhadap hasil  belajar siswa sebesar 0,821 dan dengan nilai Nilai koefisien determinasi ( ) sebesar 0,674.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...