JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 2, No 6 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK ANAK USIA DINI TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERINTEGRASI STICKY NOTE

Ferry Irawan (Universitas Musamus Merauke)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Anak usia dini yang memasuki usia emas (golden age) harus dilatih untuk memahami setiap konsep dasar. Keterampilan kognitif adalah kecakapan ilmiah yang memegang peranan penting bagui anak usia dini agar mampu mengasosiasikan keterampilan dasar dengan kegiatan pembelajaran,.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif terintegrasi stiky note terhadap pengenalan konsep dasar. Termasuk quasy experiment menggunakan Non equivalent pretest-posttest control group design. Total populasi 80 siswa dengan total tiga kelas. Sampel dalam peneltitian  dipilih dengan melakukan uji kesetran pada setiap kelas. Instrumen menggunakan angket yang  mengacuh pada indikator keterampilan dasar kognitif dan psikomotrik. Analisis menggunakan One Way Anacova Test dan hasilnya model pembelajaran kooperatif terintegrasi stiky note berpengaruh terhadap perkembangan kognitif dan psikomotorik pada anak usia dini secara dinamis/berkesinambungan. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...