JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 3, No 4 (2023): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SIANTAR KABUPATEN SIMALUNGUN T.A 2022/2023

Resti Hasianna Sitorus (Unknown)
Sotarduga Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Leo Fernando Simatupang (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran problem based learning dan fasilitas pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di IPS SMA 1 Siantar T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan eksperimental namun menggunakan desain quasi-experimental untuk metodologi penelitiannya. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode cluster sampling. Dalam studi khusus ini, ada total 140 murid yang menjadi populasi, dan peneliti mengambil sampel dari 70 anak-anak itu. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket (angket) dan dokumentasi. Informasi dikumpulkan melalui penggunaan pre-test, post-test, dan kuesioner yang berkaitan dengan fasilitas pendidikan. Uji regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi adalah yang digunakan untuk menguji hipotesis. Persamaan Y = 47,79 + 0,166 X 1 + 0,201 X 2 + e diperoleh dari analisis data menggunakan Microsoft Excel. Selain itu, variabel model pembelajaran Problem Based Learning (X-1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai thitung ttabel (2,167 1,996) dan sig (0,022) 0,05. Selain itu, variabel fasilitas belajar (X-2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap hasil belajar siswa, dengan thitung ttabel (2,1191,996) dan sig (0,012) 0,05. Secara bersama-sama model pembelajaran problem based learning dan fasilitas pembelajaran berpengaruh positif dan substansial terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan nilai fhitung f tabel (8,243 3,131) nilai signifikan (0,000 0,05).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...