Destinasi wisata pantai dapat dikembangkan dan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisata pantai memang sangat cocok di kembangkan di Indonesia terbukti banyak wisata pantai di Indonesia yang mampu bersaing dengan destinasi pantai di dunia. Wisata Pantai Setrojenar dan pantai Ambal Kebumen memiliki kemiripan dan keindahan alam yang hampir sama dan jarak ke lokasi dari kota Kebumen cukup dekat, terdapat beberapa kendala untuk pengembangan wisata. Metodologi penelitian yang digunakan bersifat deskriptif analitis, Teknk pengolahan data menggunakan analisis SWOT dilakukan untuk mengidentifikasi kekuatan. Agar tercapainya tujuan dari penelitian ini, Berdasarkan hasil analisis yang menggunakan metode analisis Strength, Weaknesess, Opportunities Treat (SWOT) maka dapat ditarik kesimpulan bahwa factor internal dan eksternal mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan pada objek wisata Pantai Setrojenar dan Pantai Ambal. Analisis SWOT merupakan strategi perencanaan dan pengembangan yang dapat diterapkan pada objek wisata Pantai Setrojenar dan Pantai Ambal Sedangkan strategi yang bisa dilakukan dalam pengembangan potensi pariwisata Pantai Setrojenar dan Ambal Kebumen antara lain ialah; 1.Strenght–Oppurtunity (S-O) daya tarik wisata dan strategi pengembangan pantai, 2.Strenght–Threats (S-T) yang menghasilkan strategi peningkatan keamanan dan kenyamanan, 3.Weakness–Oppurtunity (W-O) menghasilkan strategi peningkatan kualitas kerjasama dan peningkatan promosi, dan 4.Weakness–Threat (W-T) menghasilkan strategi pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia masyarakat sekitar
Copyrights © 2022