IKRA-ITH ABDIMAS
Vol 5 No 3 (2022): IKRAITH-ABDIMAS Vol 5 No 3 November 2022

Pendampingan Guru-Guru SMP Negeri 4 Kojadoi Dalam Pembuatan Modul Berbasis Kearifan Lokal Sikka Melalui Model PBL

Sri Sulistyaningsih Natalia Daeng Tiring (Universitas Nusa Nipa)
Marianus Yufrinalis (Universitas Nusa Nipa)
Lusiana Mariyeta Balik (Universitas Nusa Nipa)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

SMP Negeri 4 Kojadoi adalah salah satu sekolah yang berada di wilayah Kabupaten Sikka yang berada di Desa Kojadoi. Daerah tersebut berada di wilayah kepulauan Kecamatan Alok Timur. Jarak tempuh dari tempat pengusul ke lokasi mitra 24 km. Transportasi yang biasa digunakan adalah Kapal Motor dengan lama waktu perjalanan selama kurang lebih 3 jam. Sekolah SMP Negeri 4 Kojadoi merupakan satu satunya sekolah SMP di Daerah Kepulauan Kecamatan Alok Timur yang mana daerah kepualaunnya terdiri dari 3 Pulau yaitu Pulau Kojadoi (Desa Kojadoi), Pulau Kojagete (Desa Kojagete) dan Pulau Parumaan (Desa Parumaan). Oleh karena itu SMPN 4 Kojadoi merupakan sekolah yang menjadi sekolah Favorit untuk anak anak dari daerah ketiga kepulauan tersebut, namun demikian masih ada permasalahan yang dihadapi oleh SMP Negeri 4 Kojadoi,. Permasalahan yang paling utama saat observasi di sekolah SMP Negeri 4Kojadoi adalah, (1) Keterbatasan sarana dan prasarana yang ada di sekolah tersebut yaitu minimnya bahan ajar yang digunakan di sekolah SMP Negeri 4 Kojadoi dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Siswa hanya menggunakan buku paket yang tersedia disekolah., selain itu tidak adanya kegiatan praktikum untuk mendukung kegiatan pembelajaran dikelas sehingga menyebabkan minat dan motivasi siswa dalam belajar rendah (2) 100 % guru belum pernah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan pembuatan bahan ajar, hal ini disebabkan ketersediaan yang dana yang tidak mencukupi, dan kurangnya akses informasi yang diperoleh karena kesulitan jaringan di sekolah tersebut sehingga kurangnya akses guru untuk bisa mendapatkan pelatihan sebagai wahana untuk bisa mengembangkan diri (3) Kurangnya inovasi pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada siswa-siswanya pada kegiatan proses belajar mengajar sehingga siswa tidak aktif dan kreatif pada saat proses pembelajaran (4) Kurangnya pemahaman guru untuk memperkenalkan kearifan lokal daerah dengan mengaitkan mtaeri pembelajaran dengan kearifan lokal Kabupaten Sikka. Solusi dari permasalahan yang dihadapi adalah memberikan pendampingan pembuatan modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Sikka dengan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai sarana dalam proses pembelajaran.Tujuan dari kegiatan PkM ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru SMP Negeri 4Kojadoi dalam membuat modul berbasis kearifan lokal melalui model Problem Based Learningyang dapat digunakan nantinya sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran di kelas. Hasil implementasi kegiatan PkM ini adalah adanya peningkatan keterampilan guru dalam membuat modul yang dikaitkan dengan kearifan lokal Kabupaten Sikka yaitu sebanyak 100% guru dapat membuat bahan ajar berupa modul.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-ABDIMAS

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

This IKRA-ITH Abdimas scientific journal is a Scientific Community Service Journal published by the Institute of Research and Community Service from YAI Persada Indonesia University. This scientific journal is a means of pouring out the ideas and activities of lecturers working in the field of ...