Jurnal Indonesia Mengabdi
Vol. 4 No. 1 (2022): June Edition

Pembinaan Menghafal Juz 30 Menggunakan Metode Yanbu’a di Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Darul Mujawwidin Desa Harjomulyo Jaya OKU Timur

Nor Kholidin (Universitas Nurul Huda)
Ahmad Taufiq Yuliantoro (Universitas Nurul Huda)
Supangat Supangat (Universitas Nurul Huda)
Ratih Purnama Pertiwi (Universitas Nurul Huda)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2022

Abstract

Permasalahan yang sering muncul dalam program menghafal Al-Qur’an bagi anak-anak antara lain peserta didik tidak lancar hafalannya, tidak fasih membaca Al-Qur’an dan tidak bisa menulis arab sesuai kaidah. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam program menghafal Al-Qur’an antara lain faktor intern peserta didik, faktor kompetensi guru dan metode yang digunakan. Metode Yanbu’a adalah suatu metode yang dirancang untuk membimbing peserta didik dalam membaca, menulis dan menghafalkan Al-Qur’an. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi. Alur kegiatan meliputi persiapan, penyampaian materi dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini telah dapat menjawab tujuan awal pengabdian yaitu memberikan edukasi tentang metode Yanbu’a. Guru dapat memahami tentang kurikulum Yanbu’a, cara mengajar Yanbu’a dan perangkat pembelajaran Yanbu’a.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIMi

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat, yaitu sebagai wadah publikasi ilmiah khusus pengabdian kepada masyarat. Diharapkan dengan adanya jurnal ini akan dapat membantu kepada pembaca untuk memberikan wawasan, gagasan, ide, rujukan, dalam pengembangan pemberdayaan ...