Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature
Vol 2, No 2 (2022): Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature

Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas X MAS Pesantren Tarbiyah Takalar

Selmia Selmia (Universitas Negeri Makassar)
Susiawati Susiawati (Universitas Negeri Makassar)
Ruhul Kudus (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex post fakto. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xa dan Xb yang berjumlah 45 siswa. Instrument  yang digunakan adalah angket dan dokumentasi hasil belajar. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial . Hasil penelitian menunjukkan bahwa  = 0,118 dan  = 2,016 maka  <  (0,118 < 2,016) artinya tidak ada pengaruh latar belakang pendidikan siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas X MAS Pesantren Tarbiyah Takalar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Al-Fashahah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Fashahah is published by the Arabic Language Education Study Program, Department of Foreign Languages, Faculty of Languages and Letters, Makassar State University. It is a research journal that publishes various research reports, literature studies and scientific writings with the object of ...