Nobel Management Review
Vol 3 No 3 (2022): Nobel Management Review

PENGARUH BAURAN PEMASARAN PARIWISATA DAN KUALITAS PELAYANAN MELALUI KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI (STUDI EMPIRIS PADA OBYEK WISATA BANTIMURUNG KABUPATEN MAROS)

AMIRUDDIN USMAN (ITB NOBEL MAKASSAR)
Muhammad Hidayat (Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia)
Anshar Daud (Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran pariwisata, kualitas layanan pariwisata terhadap kepuasan, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran pariwisata dan kualitas pelayananterhadap minat berkunjung kembali. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan terhadap minat berkunjung kembali, Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran pariwisata dan kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan pada obyek wisata Bantimurung Kabupaten Maros. Sampel penelitian ini adalah wisatawan baik mancanegara maupun domestic atau nusantara yang sering berkunjung ke obyek wisata Bantimurung Kabupaten Maros. Hasil penelitian bahwa bauran pemasaran pariwisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. bauran pemasaran pariwisata memberikan pengaruh yang bermakna dalam meningkatkan minat wisatawan untuk melakukan kunjungan kembali. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali. Kepuasan wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali. Kepuasan wisatawan dapat memediasi secara parsial pengaruh bauran pemasaran pariwisata terhadap minat berkunjung kembali. Kepuasan wisatawan dapat memediasi secara parsial pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali pada obyek wisata Bantimurung Kabupaten Maros

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

NMaR

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Nobel Management Review (NMaR), adalah jurnal peer-review yang diterbitkan empat kali setahun (Januari-Maret, April-Juni, Juli-September, Oktober-Desember) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Publikasi Nobel Indonesia (LP2NI) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia Makassar. NMaR ...