Penelitian ini dilatar belakangi karena media pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan berhitung pada anak, guru kurang kreatif dan bervariasi sehingga anak lebih mudah bosan saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Roda pembelajaran sebagai media untuk menstimulasi kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. (Sugiyono, 2012:407) (Aditama, n.d.) Tahap penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahap penelitian pengembangan R&D yaaitu potensi, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi. Dalam penelitian ini digunakan angket penilaian untuk memvalidasi media pembelajaran. Angket penilaian instrumen ini digunakan untuk menunjukan adanya tingkat kevalidan atau kelyakan media rumah pintar. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatuf diperoleh dari penelitian kualitas produk berupa saran dari ahli media dan ahli materi. Data kuantitatif yaitu skor yang didapat dari kuisioner yang diisi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil uji validasi ahli media memperoleh skor 82,6% (sangat layak). Hasil validasi ahli materi memperoleh skor 74,9%. (layak), hasil persentase 78,7% (sangat layak) bahwa media Roda pembelajaran sebagai media pembelajaran edukatif, dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan berhitung pada anak usia 5 – 6 tahun
Copyrights © 2022