IKON
Vol 27 No 3 (2022): Vol. 27 No.3 Desember 2022 IKON

Makna Kedai Kopi Sebagai Ruang Publik Di Kalangan Remaja

Sandra Olifia (Universitas Satya Negara Indonesia)
Solten Rajagukguk (Universitas Satya Negara Indonesia)
Astri Ananda (Universitas Satya Negara Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, para penikmat kopi tidak dapat memungkiri dengan adanya pertumbuhan kedai kopi yang mengalami perubahan terhadap fungsinya. Makna kedai kopi yang terbentuk memberikan perkembangan yang cukup signifikan dari konsep yang diberikan meliputi suasana, fasilitas, fungsi tempat, serta aktivitas yang dilakukan oleh para pengunjung. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna kedai kopi sebagai ruang publik bagi kalangan remaja di Character Coffee. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi realitas sosial, dimana realitas merupakan kumpulan individu yang bersosialisasi serta sebagai aktivitas untuk mendapat pemahaman, makna, norma, aturan melalui komunikasi yang mendalam. Landasan konseptual dalam penelitian ini meliputi ruang publik, Coffee Shop, dan remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif dan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan model triangulasi sumber. Penelitian ini dilakukan di Character Coffee Rempoa. Hasil dari penelitian ini adalah makna kedai kopi sebagai ruang publik bagi kalangan remaja memunculkan terciptanya aktivitas yang dibangun dari kalangan remaja dan mempengaruhi perubahan fungsi dari kedai kopi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IKON

Publisher

Subject

Religion Electrical & Electronics Engineering Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

IKON: Jurnal Komunikasi diterbitkan secara berkala tiga kali dalam setahun yaitu bulan April, Agustus dan Desember. IKON: Jurnal Komunikasi memuat artikel ilmiah dari hasil penelitian dan non penelitian dibidang komunikasi secara luas, yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tim ...