QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 13, No 2 (2022): Oktober 2022

PENGARUH PENGGUNAAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK KELAS X PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Aminuddin Prahatama Putra (Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat)
Nurul Hidayati Utami (Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2022

Abstract

Pembelajaran dengan memanggunakan flipped classroomdibagi atas dua fase berupa (1) fase outclass kelas dengan mengungah bahan sebelum dilaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan LMS berupa Culture Literacy Digital Wetland,  kemudian (2) fase inclass dengan diskusi dan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh flipped classroom pada hasil belajar peserta didik pada materi Biologi dan (2) mendeskripsikan kemandirian belajar peserta didik. Pada penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan  The non equivalent Kontrol Group pretest-posttest Design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Banjarmasin pada kelas  X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan  X MIPA 2 sebagai kelas ekperimen pada tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian tes kognitif terkait dengan hasil belajar dan angket sikap terhadap kemandirian belajar dalam bentuk skala likert.  Hasil penelitian menunjukkan (1) penggunaan flipped clasroom mempengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Biologi dibandingkan kelas kontrol (2) Kemandirian belajar peserta didik menunjukkan pada kategori tinggi pada kelas yang menggunakan flipped clasroom jika dibandingkan pada kelas kontrol yang terkategori sedang

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...