QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 13, No 1 (2022): April 2022

PENGGUNAAN TWO TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA

Jesi Jecsen Pongkendek (Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Musamus Merauke)
Marantika Lia Kristyasari (Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Musamus Merauke)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Miskonsepsi adalah pemahaman konsep yang tidak sesuai dengan konsep yang sebenarnya. Miskonsepsi pada pembelajaran kimia oleh mahasiswa mengakibatkan hasil belajar kimia yang mereka peroleh rendah. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian deskriptif. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh gambaran miskonsepsi mahasiswa pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester 3, 5 dan 7 di Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Musamus berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen TTMC yang terdiri dari 15 butir soal terdiri dari tier 1 dan tier 2. Dari 15 soal tersebut, memiliki 3 indikator konsep kesetimbangan kimia yang masing-masing terdiri dari 5 soal. Analisis miskonsepsi mahasiswa menggunakan metode GRM. Berdasarkan analisis dengan metode GRM diperoleh hasil sebagai berikut : (1) berdasarkan butir soal, ada 5 soal yang memiliki tingkat miskonsepsi lebih dari 20% yaitu soal 3 dan 4  (25%), soal 5 (29%), soal 14 (33%) dan soal 15 (33%); (2) berdasarkan indikator konsep kesetimbangan kimia, prosentase tingkat miskonsepsi terbesar terdapat pada indikator pertama dan ketiga yaitu 19% sedangkan indikator kedua hanya 3,2%. Melalui penelitian initerlihat bahwa miskonsepsi yang dimiliki oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia Universitas Musamus pada materi kesetimbangan kimia terbagi menjadi dua yaitu pada butir soal dan indikator konsep.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...