Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 5 No 2 (2022): 2022: Edisi 2

Branding dan Promosi Kawasan Wisata Pesisir Pesona Desa Gisik Cemandi

Banu Prasetyo (Departemen Studi Pembangunan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Edy Subali (Departemen Studi Pembangunan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Enie Hendrajati (Departemen Studi Pembangunan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Umi Trisyanti (Departemen Studi Pembangunan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Sukriyah Kustanti Moerad (Departemen Studi Pembangunan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Wahyuddin (Departemen Studi Pembangunan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Gisik Cemandi is a village that manages with community-based. Therefore, the types of tourism that have the most potential to be developed are religious tourism and marine tourism. Unfortunately, Gisik Cemandi is still constrained in the development of tourism from year to year due to the lack of community expertise in branding, promotion, and mapping of economic potential in the development of marine tourism. Seeing this opportunity, the ITS Development Studies Department has assisted in branding activities and promoting marine tourism in Gisik Cemandi. The community service program includes branding counselling for marine tourism for two months. The purpose of this service is for Gisik Cemandi Village to have its trademark so that tourists easily recognize it. Furthermore, the Team will promote social media to attract tourists to travel to Gisik Cemandi Village. The result of this community service is the video promotion profile of Gisik Cemandi and the logo of Pesona Bahari as a trademark of Gisik Cemandi. ==== Desa Gisik Cemandi merupakan desa dengan kategori desa swasembada. Jenis-jenis wisata yang paling berpotensi untuk dikembangkan di desa ini adalah wisata religi dan wisata bahari. Namun, dari tahun ke tahun, Desa Gisik Cemandi masih terkendala dalam pengembangan wisata tersebut karena kurangnya keahlian masyarakat dalam melakukan branding, promosi, pemetaan potensial ekonomi dalam pengembangan wisata bahari. Melihat peluang tersebut, Tim Pengabdian Departemen Studi Pembangunan ITS telah melakukan pengabdian dalam bentuk pendampingan terhadap kegiatan branding dan promosi wisata bahari di Desa Gisik Cemandi. Kegiatan pengabdian ini meliputi penyuluhan branding Desa Wisata Bahari selama dua bulan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan agar Desa Gisik Cemandi memiliki trademarknya sendiri sehingga mudah dikenal oleh para wisatawan. Selanjutnya, Tim Pengabdian akan melakukan promosi melalui media sosial untuk menarik wisatawan agar berwisata di Desa Gisik Cemandi. Hasil dari pengabdian ini adalah dihasilkannya video profile dan logo Pesona Bahari Desa Gisik Cemandi sebagai sarana promosi pariwisata.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BAKTI

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat [BB] bertujuan untuk menerbitkan naskah hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM). Tulisan yang dimuat berupa analisis temuan atau reļ¬‚eksi kegiatan PkM yang terhilirkan untuk pemanfaatan secara lebih luas oleh masyarakat. Hilirisasi dalam ...