Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 2 No 4 (2022): Vol. 2 No. 4 Edisi November 2022

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA SUHU DAN KALOR DI KELAS V SD NEGERI 200402 SABUNGAN JAE

Winna Oria Hutasuhut (IPTS TAPSEL)
Samakmur Samakmur (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Sartika Rati Asmara Nasution (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Edysyah Putra (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata tentang 1) Untuk Mengetahui Apakah Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Sub Tema Suhu Dan Kalor di Kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae, 2) Untuk Mengetahui Apakah Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema Suhu dan Kalor di Kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae dan 3) Untuk Mengetahui Gambaran Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Sub Tema Suhu dan Kalor di Kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No. 200402  Sabungan Jae Tahun Pelajaran 2021-2022Tahun Pelajaran 2021-2022. Selanjutnya ditetapkan subjek adalah karena penulis melihat aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Sub Tema Suhu Dan Kalor yang sangat rendah. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah observasi dan tes. Hasil Belajar siswa meningkat melalui model pembelajaran snowball throwing pada sub tema suhu dan kalor di Kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae dapat dilihat peningkatan ketuntasan belajar pada setiap siklusnya. Pada awal observasi siswa yang tuntas sebanyak 8 orang atau 33,33% dan tidak tuntas sebanyak 16 orang atau (66,67%), setelah diberi perlakuan siklus I siswa yang tuntas hanya 9 atau 37,50% dan tidak tuntas 15 orang (62,50%) setelah diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus II, siswa tuntas menjadi 19 orang atau 79,77% dan tidak tuntas 5 orang (20,83%)  dan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 10 siswa 42,27%. Abstract This study aims to find out a real picture of 1) To find out whether the application of the Snowball Throwing Learning Model Can Improve Student Learning Activities on the Sub-theme of Temperature and Heat in Class V SD Negeri 200402 Saudarangan Jae, 2) To find out whether the application of the Snowball Throwing Learning Model can improve Student Learning Outcomes on the Sub-theme of Temperature and Heat in Class V of SD Negeri 200402 Sabangan Jae and 3) To find out the description of the application of the Snowball Throwing Learning Model on the Sub-theme of Temperature and Heat in Class V of SD Negeri 200402, Sampangan Jae. The type of research is Classroom Action Research (CAR), the object of this research is the fifth grade students of SD Negeri No. 200402 Jae Fighting for the Academic Year 2021-2022 for the Academic Year 2021-2022. Furthermore, the subject was determined because the author saw the activity and student learning outcomes on the very low temperature and heat sub-theme material. The instruments used as a data collection tool are observation and tests. Student learning outcomes increased through the snowball throwing learning model on the sub-theme of temperature and heat in Class V SD Negeri 200402 in the form of a learning mastery in each cycle. At the beginning of the observation, there were 8 students who completed or 33,33% and 16 people did not complete or (66.67%), after being given the treatment in the first cycle, only 9 or 37.50% of students completed and 15 people did not complete (62 ,50%) after the improvement of learning in the second cycle, students completed to 19 people or 79.77% and not completed 5 people (20.83%) and experienced an increase from cycle I to cycle II as many as 10 students 42.27%

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...