Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 1 (2022): FEBRUARI

PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK PENGENALAN HURUF ALFABET PADA ANAK USIA DINI

Indah Sukma (Unknown)
Bahrun . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Rahmi . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Dina Amalia (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Rahmatun Nessa (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2022

Abstract

Keywords: Smart board media, introduction of alphabet letter, early childhood The use of media is very needed in the early childhood learning process, one of which is learning in the process of recognizing the letters of the alphabet so the researcher  interested to conducted the research on smart board media, based on initial observations that has been conducted by researcher in Kruengcut village there were 3 children aged 4-5 years who have not been able to recognize the letters of the alphabet this is due to the lack of repetition from parents to children related to the learning. This study aimed to develop a smart board media as a learning media for the introduction of the alphabet letters in early childhood and is a medium in the form of a rectangular board covered with flannel and has a pole behind it as a support. This type of research used research and development (Research and Development) methods, initial concept development consisting of the de finition stage, the design stage and the develop stage. The data collection in this study was carried out through a literature study and a questionnaire validation of learning media by media experts and material experts. After revision of the smart board media, the alphabet letter obtained a percentage score of 97% with very valid criteria by media experts and a score percentage of 97% was obtained with very valid criteria by material experts. Based on the final validation results from media experts and material experts, it was concluded that the smart board media product developed was very valid for the introduction of the alphabet in early childhood. This research was only carried out until the media validation stage, for the product trial stage and the dissemination stage will be explained in the further research. Abstrak:  Penggunaan media sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran anak usia dini, salah satunya pembelajaran dalam proses pengenalan huruf alfabet sehingga peneliti tertarik untuk penelitian terhadap media papan pintar, berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di desa Kruengcut ada 3 orang anak yang berusia 4-5 tahun belum bisa mengenal huruf alfabet hal ini dikarenakan kurangnya pengulangan  dari orang tua terhadap anak terkait dengan pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media papan pintar sebagai media pembelajaran pengenalan huruf alfabet pada anak usia dini dan merupakan sebuah media yang berbentuk papan persegi panjang dilapisi kain flanel serta memiliki tiang di belakang sebagai penyangga. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), pengembangan konsep awal yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui studi literatur dan angket validasi media pembelajaran oleh ahli media dan ahli materi. Setelah dilakukan revisi media papan pintar huruf alfabet diperoleh persentase skor 97% dengan kriteria sangat valid oleh ahli media dan diperoleh presentase skor 97% dengan kriteria sangat valid oleh ahli materi. Berdasarkan hasil akhir validasi dari ahli media dan ahli materi disimpulkan bahwa produk media papan pintar yang dikembangkan sangat valid untuk pengenalan huruf alfabet  pada anak usia dini. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap validasi media, untuk tahap uji coba produk dan tahap penyebaran akan dilakukan pada penelitian lebih lanjut.Kata Kunci: Media Papan Pintar, Pengenalan Huruf Alfabet, Anak Usia Dini

Copyrights © 2022