Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 13 No 2 (2022): November: Education Science

Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Dan 2 Organ Gerak Hewan Dan Manusia Di Kelas V Sd Negeri 122390 Pematangsiantar

Mayang Novianti Melodi Sivra Panjaitan (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Suprapto Manurung (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Rio Parsaoran Napitupulu (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Yanti Arasi Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar IPA siswa di kelas V SD Negeri 12239 Pematang Siantar masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 organ gerak hewan dan manusia SD Negeri 122390 Pematangsiantar. Desain penelitian ini adalah Pre-Eksperiment dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest. Desain ini dikatakan sebagai Pre-Eksperiment karena belum merupakan eksperimen sungguh-sungguh sebab masih terdapat variable luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variable dependen. One-Group Pretest-Posttest yaitu eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok tanpa kelompok pembanding. Hasil hipotesis penelitian ini yaitu adanya pengaruh media video animasi terhadap hasil belajar pada siswa kelas V pada tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 organ gerak hewan dan manusia SD Negeri 12239 Pematangsiantar. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa data berdistribusi normal, homogen dan di peroleh dari uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel dalah sebesar 24,813>1.69913 Karena nilai thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Media pembelajaran, termasuk media video animasi, harus disesuaikan dengan pokok bahasan yang dibahas karena ketika salah memilih media dapat mempengaruhi penyampaian konsep pembelajaran kepada siswa. Media video animasi dapat memotivasi siswa dan mengatasi kebosanan dengan proses pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Cendikia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Institute of Computer Science. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research ...