Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 1 (2022): Februari

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA SISWA KELAS XI DI MA AL-ISTIQOMAH TELAGAWARU

Amirul Haj (Universitas Pendidikan Mandalika)
Ni Ketut Alit Suarti (Universitas Pendidikan Mandalika)
Indriaturrahmi Indriaturrahmi (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2022

Abstract

Permasalahan yang terjadi yaitu strategi pembelajaran untuk mencapai tujuan dari pembelajaran yang diterapkan oleh tenaga pendidik masih konvensional seperti dalam pelaksanaan proses pembelajarannya yang selalu monoton, guru hanya menerangkan dan menulis di papan, guru yang lebih banyak aktif dari pada muridnya. Tidak diberikan kebebasan untuk mengeksplorasikan kreatifitasnya, sehingga menyebabkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kurang atau masih di bawah KKM. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Adanya Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI Di MA Al-Istiqomah Telagawaru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan one pre-test post-test design. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-test. Sesuai dengan hasil yang diperoleh nilai thitung sebesar 5,763 dan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (N-1) = 19 ternyata t hitung lebih besar dari pada nilai t-tabel (5,763 > 2,086) dengan demikian H0 ditolak sedangkan Ha diterima yang berbunyi: Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI Di MA Al-Istiqomah Telagawaru, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini adalah “Signifikan”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...