Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 3 (2022): Agustus

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IMAJINATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 3 PRAYA TENGAH

M Hongki Pratama (Universitas Pendidikan Mandalika)
Endah Resnandari Puji Astuti (Universitas Pendidikan Mandalika)
Hadi Gunawan Sakti (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia telah banyak digunakan metode dan pendekatan untuk meningkatkan hasil. Salah satunya adalah membentuk siswa ke dalam kelompok diskusi yang sangat banyak keuntungannya bagi siswa. Permasalahan yang terjadi yaitu guru cendrung terbatas pada penyampaian ceramah, pemberian contoh soal, latihan dan dikhiri dengan pemberian tugas untuk dikerjakan dirumah. Guru masih menggunakan pendekatan konvensional sehingga proses pembelajaran hanya berlangsung satu arah dimana guru menerangkan dan siswa mendengar atau mencatat, sehingga sering ditemui adanya kecendrungan meminimalkan keterlibtan siswa. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pemebelajaran imajinatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII Di SMPN 3 Praya Tengah. Model pegambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi, sebagai metode pelengkap. Teknik analisis diperoleh nilai T hitung sebesar 4,882 dan nilai T hitung pada taraf signifikansi 5% dengan d.b (N-1) = 30-1 = 29 lebih besar dari padaniali T pada table (4,882>2,045), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah: ada pengaruh Model Pembelajaran Imajinatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMPN 3 Praya Tengah, sehingga dapat di simpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...