Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 3 (2022): Agustus

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS II DI SMP NURUL HIKMAH

Melly Vusfitasari (Universitas Pendidikan Mandalika)
Hadi Gunawan Sakti (Universitas Pendidikan Mandalika)
Muzakkir Muzakkir (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas II di SMP Nurul Hikmah Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS siswa kelas II di SMP Nurul Hikmah Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II dengan jumlah 51 orang siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Alat pengumpul data menggunakan tes kognitif. Analisis data uji statistik menggunakan rumus t-test post-test varians. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi pada ranah kognitif. Rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick yaitu 80 sedangkan untuk pembelajaran konvensional yaitu 64,16. Terdapat pengaruh yang positif dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dapat dilihat dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t-hitung > t-tabel yaitu 5,35 > 1,672. Hal ini berarti hipotesis diterima maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas II di SMP Nurul Hikmah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...