Jurnal Talenta Sipil
Vol 5, No 2 (2022): Agustus

Evaluasi Layanan Terminal Bus Alam Barajo Kota Jambi

Indra Lasmana (Unknown)
Amsori M Das (Faculty of Engineering, Batanghari university)
Kiki Rizky Amalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Terminal Alam Barajo Kota Jambi adalah terminal tipe A yang merupakan sentral dari aktivitas transportasi di Jambi. Namun, dalam perjalanannya Terminal Alam Barajo tidak berjalan semestinya terlihat dari aktivitas transportasi, keberangkatan maupun kedatangan penumpang dan kendaraan umum yang sepi dan bahkan terlihat seperti tidak ada aktivitas transportasi di Terminal Alam Barajo. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi volume keluar masuk dan waktu tunggu kendaraan AKDP dan AKAP yang ada di Terminal Bus Alam Barajo Kota Jambi dan untuk mengetahui apakah Terminal Alam Barajo sudah memenuhi standar peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 40 tahun 2015. Survei yang dilakukan pada penelitian kali ini adalah survei primer. Objek penelitian adalah angkutan umum yang melayani trayek Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan trayek Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP). Data yang diambil pada penelitian adalah waktu kedatangan bus AKAP dan bus AKDP, waktu keberangkatan bus AKAP dan bus AKDP, serta survei yang dilakukan yaitu survei fasilitas pelayanan kepada para pengguna terminal dan survei wawancara kuisioner kepada para pengguna terminal sebanyak 25 responden. Berdasarkan perhitungan persentase kenaikan bus didapat 34 tahun kapasitas terminal menjadi maksimum dengan kenaikan persentase bus sebesar 8% dan dari hasil penelitian didapatkan pada analisis ms excel diperoleh tingkat kesesuaian rata-rata 72 dapat diartikan bahwa pelayanan yang ada diterminal dinilai cukup baik oleh pengguna jasa Terminal Alam Barajo Kota Jambi pada saat pandemi covid-19.

Copyrights © 2022