Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir probabilistik peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan peluang berdasarkan kerangka kerja Jones. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksplorasi dan wawancara. Sumber data yang digunakan bertempat di SMK YPC Tasikmalaya, pelaku dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI RPL, dan aktivitas yang dilakukan adalah peserta didik menyelesaikan soal uraian permasalahan probabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis data menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduction, data display dan verification. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat empat subjek yang dianalisis lebih dalam dengan pertimbangan kefasihan menyampaikan informasi. Empat subjek tersebut, proses berpikir probabilistik dalam menyelesaikan permasalahan peluang memiliki level yang berbeda-beda, mulai dari level subjektif dimana peserta didik hanya mampu memprediksi peristiwa yang paling mungkin atau paling tidak mungkin berdasarkan penilaian subjektif, level transisional peserta didik mampu memprediksi dan dapat membedakan peristiwa yang paling/ mungkin terjadi berdasarkan penilaian kuantitatif, level kuantitatif informal peserta didik mampu Memprediksi peristiwa yang paling mungkin terjadi dan tidak mungkin terjadi berdasarkan penilaian kuantitatif dan dapat menggunakan angka secara informal untuk membandingkan probabilitas, level numerik dapat Memprediksi peristiwa yang paling / mungkin terjadi untuk percobaan satu tahap dan dapat menetapkan probabilitas numerik untuk suatu peristiwa dengan menggunakan rumus peluang.
Copyrights © 2022