JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 15, No 2 (2022): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 15 Nomor 2 Agustus

LEARNING OBSTACLE SISWA TUNAGRAHITA PADA MATERI BILANGAN BULAT

Ika Meika (Universitas Mathla'
ul Anwar Banten)

Neng Winda Melinda (Universitas Matha'
ul Anwar Banten)

Rusdian Rifa'i (Universitas Matha'
ul Anwar Banten)

Asep Sujana (Universitas Matha'
ul Anwar Banten)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2022

Abstract

Learning obstacle merupakan hambatan atau kesulitan yang muncul dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa tunagrahita pada materi bilangan bulat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif berdasarkan tahapan Didactical Design Research (DDR) dengan subjek siswa tunagrahita kelas X SMALB (SKh Bahari Labuan). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes soal. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan learning obstacle siswa tunagrahita diantaranya keliru dalam menghitung bilangan dan menuliskan lambang bilangan, kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, serta kesulitan dalam mengoperasikan perkalian dan pembagian. Penelitian ini merupakan bagian awal dari serangkaian penelitian desain didaktis untuk mengatasi kesulitan belajar matematika siswa tunagrahita pada materi bilangan bulat. Kata Kunci : Learning Obstacle, Siswa Tunagrahita, Bilangan Bulat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...