Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 2 No. 3 (2022): EduTIK : Juni 2022

Aplikasi Multimedia Pembelajaran Proyek IPAS di SMK Kristen 3 Tomohon

Rhezza Tezzar Maun (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Peggy Veronica Togas (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Stralen Pratasik (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Pembelajaran Proyek Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) menggunakan media konvensional dapat membuat siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga perlu mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer yang menarik, efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Multimedia pembelajaran Proyek IPAS untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki enam tahapan yaitu Concept, Desgin, Obtaining Content Material, Assembly dan Distribution, untuk menghasilkan Multimedia pembelajaran Proyek IPAS. Hasil dari pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia ini sudah dibuat dan diuji penggunaannya. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa aplikasi media pembelajaran berbasis komputer ini dapat digunakan sebagai bahan ajar yang lebih informatif bagi guru dan dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa sehingga hasil belajar juga akan meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...