Daya Saing : Jurnal Ilmu Manajemen
Vol 8 No 3 (2022)

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN DISIPLIN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR TARUNA/I POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS JURUSAN KEMARITIMAN

Robyansyah Robyansyah (Universitas Riau)
Sri Indarti (Universitas Riau)
Any Widayatsari (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh lingkungan belajar dan disiplin terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar taruna di Politeknik Negeri Bengkalis Jurusan Kelautan. Penelitian dilakukan di Politeknik Negeri Bengkalis, Jurusan Kelautan. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada taruna. Populasi dalam penelitian ini adalah taruna Politeknik Negeri Bengkalis Jurusan Kelautan yang berjumlah 140 taruna dan dengan jumlah sampel 104 taruna. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (2) lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar melalui pembelajaran motivasi (3) disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (4) disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar (5) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dayasaing

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Jurnal Daya Saing (Online ISSN: 2541-4356 | Print ISSN : 2407-800X) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in February, June and October. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications ...