Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 4, No 2 (2022): Peqguruang, Volume 4, No.2, November 2022

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran simas eric

Musfira Musfira (Unknown)
Kamaruddin Tone (Fakultas Sains dan Tekhnologi, UIN Alauddin Makassar)
Herlina Ahmad (Prodi Penddidikan Matematika, Universitas Al Asyariah Mandar)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2022

Abstract

 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Simas Eric pada peserta didik kelas XI Teknik Industri Tenaga Listrik (TITL) SMKN 1 Tinambung. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TITL SMKN 1Tinambung yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur kerja penelitian setiap siklusberlangsung empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar pada materi Transformasi Geometri dan pegamatan melalui lembar observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data penelitian diperoleh: (1) meningkatnya skor rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yaitu 81,73 pada siklus I menjadi 87,85 pada siklus II; (2) meningkatnya persentase peserta didik yang tuntas belajar yaitu 74,7% pada siklus I menjadi 92,5% pada siklus II; dan (3) meningkatnya aktivitas peserta didik yang sesuai dengan pembelajaran dari siklus I ke siklus II sedangkan aktivitas peserta didik yang tidak sesuai pembelajaran menurun. Berdasarkan hasil analissi tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar matematika pada materi Transformasi Geometri mengalami peningkatan melalui model pembelajaran Simas Eric pada peserta didik kelas XI SMKN 1 Tinambung.

Copyrights © 2022