JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 7, No 2 (2022)

PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTU APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP

Miftakhul Mubarokah (Universitas PGRI Semarang)
Noviana Dini Rahmawati (Universitas PGRI Semarang)
Dewi Wulandari (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Flipped Classroom berbantu aplikasi Google Classroom mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa SMP dalam pemahaman konsep matematika.  Jenis penelitiannya adalah quasi eksperimental dengan menggunakan desain post-test only control group. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMP N 3 Cepiring tepatnya siswa kelas VII tahun ajaran 2021/2022 di semester genap. Sampel diambil dengan teknik probability sampling dan jenis yang dipakai teknik sample random sampling untuk menentukan dua kelas yang akan dijadikan sampel penelitian dengan kelas VII B terpilih sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran Flipped Classrrom dan kelas VII A sebagai kelas kontrol  menerapkan pembelajaran konvensional. Pemerolehan data didapat  melalui tes pemahaman konsep matematika berbentuk tes uraian yang dilakukan diakhir penelitian.  Uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan uji t dan dilajutkan uji effect size untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa lebih baik menerapkan pembelajaran Flipped Classroom berbantu aplikasi Google Classroom daripada pembelajaran konvensional. Dengan kata lain pembelajaran Flipped Classroom berbantu aplikasi Google Classroom mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa SMP dalam pemahaman konsep matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...