AKSIOMA
Vol 13, No 2 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Inovasi media pembelajaran matematika interaktif berbasis google sites pada materi statistika VIII SMP

Reki Krido Waseso (Universitas PGRI Palembang)
Putri Fitriasari (Unknown)
Asnurul Isroqmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika interaktif berbasis google sites pada materi statistika kelas VIII SMP yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media diuji cobakan kepada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 15 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Tingkat kevalidan setelah dinilai oleh tiga validator yakni dua dosen dan satu pendidik mendapatkan skor sebesar 94,7% sehingga dikategorikan sangat layak (valid). Tingkat kepraktisan setelah diuji cobakan kepada peserta didik mendapat skor jawaban “ya” sebesar 95,90% sehingga dikategorikan sangat praktis. Dan berdasarkan hasil tes belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis google sites memperoleh skor sebesar 79,57 sehingga dikategorikan efektif.Kata kunci: media pembelajaran interaktif; google sites; statistika

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...