MALIH PEDDAS
Vol 12, No 2 (2022): Malih Peddas, Volume 12, Nomor 2

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SD NEGERI SAMBIREJO 01 PATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Diah Yuliatin (Unknown)
Iin Purnamasari (Universitas PGRI Semarang)
Jumarni Jumarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA dikarenakan dalam proses pembelajaran peserta didik belum aktif dan masih berpusat kepada pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA tema 1 indahnya kebersamaan dengan menggunakan model problem based learning pada kelas VI SD Negeri Sambirejo 01 Pati. Metode penelitian adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus masing-masing siklus terdiri dari satu pembejara.  Setiap siklus dari kegiatan penelitian tindakan kelas ini memiliki empat tahapan yang dilaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 10 siswa yang teridiri dari 8 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar observasi kerja sama siswa dan pengambilan data hasil belajar peserta didik melalui lembar evaluasi.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA pada tema 1 yang dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 63  dengan kategori rendah kemudian ada peningkatan disiklus II dengan rata-rata  68,5  dengan kategori rendah, pada siklus III terdapat peningkatan yang cukup baik dengan rata-rata 78,5 dengan kriteria baik. Hasil dari lembar evaluasi menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar IPA sebanyak 80% sehingga indikator keberhasilan belajar peserta didik tercapai.

Copyrights © 2022