Didaktis: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 1 (2022): DIDAKTIS 7: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2022

Implementasi Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran IPS

Eva Sohifah (Universitas Pendidika Indonesia)
Susilawati (Universitas Pendidika Indonesia)
Ita Rustiati Ridwan (Universitas Pendidika Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2022

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai hal salah satunya adalah penggunaan metode yang monoton. Selama proses pembelajaran di kelas guru masih belum menerapkan metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya. Metode role playing menekankan agar siswa melakukan perannya masing-masing sesuai dengan karakter yang dimainkan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SDN Lontar Baru, Kota Serang. Data yang ditemukan berdasarkan hasil persentase penggunaan role playing oleh siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 78,9% dan pada siklus II persentasenya meningkat menjadi 100% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk nilai rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus II 55% pada siklus I meningkat menjadi 70% kemudian dilakukan perbaikan sehingga pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 100% dengan kategori sangat baik. Dalam penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode role playing pembelajaran IPS menemukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci: capaian pembelajaran, bermain peran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

semnaspendas

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang merupakan seminar rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang. Seminar ini merupakan wadah transfer pengetahuan dan pengalaman pada ...