Didaktis: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 1 (2022): DIDAKTIS 7: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2022

Pemanfaatan Permainan Puzzle dalam Pembelajaran IPS pada Materi Membaca Peta di Kelas IV SD

Anisa Salsabila (Universitas Pendidika Indonesia)
Ita Rustiati Ridwan (Universitas Pendidika Indonesia)
Susilawati (Universitas Pendidika Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2022

Abstract

Membaca peta merupakan materi penting dalam pembelajaran IPS sejak SD di kelas IV silabus. Tujuan siswa mempelajari peta adalah agar mereka dapat membaca peta, seperti mengetahui beberapa daerah, deskripsi permukaan bumi, juga mengetahui tentang simbol-simbol pada peta. Berdasarkan observasi awal peneliti di SDN Lialang, guru tidak menggunakan media pembelajaran. Sebaliknya, mereka menggunakan satu-satunya metode verbal. Hal ini membuat pembelajaran menjadi pasif dan membosankan. Oleh karena itu peneliti menggunakan puzzle peta sebagai media dan metode pembelajaran, dengan harapan dapat mengetahui proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peta siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan model dari Kemmis dan MC Taggart. Hasil penelitian ini pada kegiatan belajar siswa pra siklus, siswa mendapat 48%, kemudian setelah teka-teki peta dilaksanakan pada siklus I meningkat menjadi 68% dan meningkat lagi menjadi 85,3% pada siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa juga meningkat. Pada awal pra-siklus sebelum menggunakan teka-teki peta, hanya 28%. Pada siklus I setelah penerapan puzzle, persentase ketuntasan meningkat menjadi 48%. Dan meningkat lagi pada siklus II, menjadi 84%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

semnaspendas

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang merupakan seminar rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang. Seminar ini merupakan wadah transfer pengetahuan dan pengalaman pada ...