E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 13, No 3 (2022): E-DIMAS

Pemanfaatan Data Mining untuk Media Pembelajaran di SMK Hidayah Semarang

Astrid Novita Putri (Universitas Semarang)
Nur Wakhidah (Universitas Semarang)
Victor Gayuh Utomo (Universitas Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Salah satu permasalahan dari wawancara yang kami laksanakan adalah dalam kegiatan pembelajaran pada pengolahan data yang dialami oleh pihak SMK Hidayah Semarang, hal ini disebabkan oleh belum adanya mata pelajaran data mining, sehingga siswa kesulitan dalam mengolah data yang miliki oleh sekolah. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat mampu memberikan manfaat, tepat sasaran sehingga memberikan suatu wawasan baru pengetahuan baru di bidang teknologi informas pada sekolah tersebut. Konsep pengabdian akan menerapkan suatu teknologi data mining, dengan menggunakan software Rapidminer yang akan kita laksanakan adalah dalam berbentuk pelatihan pemanfaatan data mining yang menghasilkan informasi pengolahan pola data di SMK Hidayah Semarang. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan ditunjang dengan sesi tanya jawab, ceramah di Modul pelatihan ini juga akan diberikan pada setiap peserta murid. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pembelajaran siswa dengan pengolahan database menggunakan teknik statistik, matematika, kecerdasan buatan, dan machine learning untuk menghasilkan suatu informasi yang bermanfaat dengan menggunakan aplikasi Rapidminer, sehingga nantinya ketika mereka terjun ke dalam masyarakat dapat memiliki skill yang didapatkan dari pelatihan tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...