DIMENSI PENDIDIKAN
Vol 18, No 3 (2022): Dimensi Pendidikan

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA BILANGAN PECAHAN KELAS 5 DI SD N 2 PURWOKERTO

Tsaqib Hilmi Perdana (Universitas PGRI Semarang)
Bagus Ardi Saputro (Universitas PGRI Semarang)
Sukamto Sukamto (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Tujuan dicapai di penelitian ini adalah  menganalisis   kesulitan belajar  matematika penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan kelas 5 di  SDN 2 Purwokerto Brangsong. Mengetahui alternatif dari kesulitan belajar matematika penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan kelas 5 di SDN 2 Purwokerto   dapat mengatasi kekurangi tingkat kesalahan dan mengatasi kesulitan siswa dalam belajar pecahan bilangan matematika. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah motode deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk mendeskripsikan suatu gejala peristiwa atau kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Penelitian bersifat kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, secara holistic dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata atau bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Siswa kurang teliti dan terampil dalam menghitung siswa juga kesulitan membedakan mana penyebut mana pembilang siswa juga sering kurang teliti menghitung perkalian maupun pengurangan dalam uji coba ujian ke para siswa, siswa  kesulitan menghitung dan sering  kesalahan siswa kurang memahami  soal yang telah diberikan oleh guru

Copyrights © 2022