OrchidAgro
Vol 2, No 2 (2022)

PENGARUH TAKARAN PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) VARIETAS GRAND RAPIDS

Farhan Noer Azmi (Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Winaya Mukti Jl. Raya Bandung – Sumedang Km.29 Tanjungsari 45362, Kab. Sumedang, Jawa Barat, Indonesia.)
Hudaya Mulyana (Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Winaya Mukti Jl. Raya Bandung – Sumedang Km.29 Tanjungsari 45362, Kab. Sumedang, Jawa Barat, Indonesia.)
Reni Nurhayatini (Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Winaya Mukti Jl. Raya Bandung – Sumedang Km.29 Tanjungsari 45362, Kab. Sumedang, Jawa Barat, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang ayam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada, Untuk mengetahui takaran pupuk kandang ayam yang tepat untuk pertumbuhan dan hasil tanaman selada. Penelitian di laksanakan di lahan percobaan Universitas Winaya Mukti Tanjungsari, Sumedang dengan ketinggian ± 800 mdpl, percobaan dilakukan pada bulan Juli 2021 sampai dengan bulan September 2021. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) sederhana, dengan perlakuan takaran pupuk kandang ayam yang terdiri dari 6 perlakuan yaitu A = 0 ton ha-1, B= 10 ton ha-1, C= 20 ton ha-1, D = 30 ton ha-1, E = 40 ton.ha -1 dan F = 50 ton ha-1  dan di ulang sebanyak 4 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk kandang ayam memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, bobot segar tanaman, bobot segar per petak, bobot segar akar, bobot kering tanaman, bobot kering akar, dan nisbah pupus akar. Pada pemberian takaran F (50 ton ha-1) memberikan hasil yang terbaik terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, bobot segar tanaman, bobot segar per petak, bobot kering tanaman, dan nisbah pupus akar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

orchidagro

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

OrchidAgro merupakan jurnal yang memuat artikel dari hasil kajian penelitian yang meliputi bidang ilmu pertanian dimana mencakup bidang agroteknologi yang telah melewati proses review dan dipastikan proses review bersifat double blind review. Diterbitkan oleh Fakultas Pertaniaan Universitas Winaya ...